Rabu, 13 Februari 2013

Puncak Tertinggi Sumatera, Kerinci 3805 mdpl Part I

Wokee,,,
kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam perjalanan kami ke puncak Kerinci yang terletak di Kabupaten Kerinci, Desa Kersik Tuo. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Sebalat (TNKS) yang merupakan habitat asli harimau sumatera dan badak sumatera.

Puncak kerinci berada di ketinggian 3805 mdpl yang merupakan puncak tertinggi di sumatera sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia dan gunung tertinggi diluar pulau papua.

Dalam tulisan ini, saya akan berbagi informasi mengenai tranportasi dari kota Palembang menuju gunung tersebut, serta berbagi info mengenai keadaan jalur pendakian gunung tersebut.

Ada dua rute perjalanan yang bisa ditempuh dari kota Palembang untuk menuju gunung Kerinci, yaitu melaluia Kota Jambi dan Melalui Kab. Linggau (naik kereta)
Berhubung kami berdomisili di kota palembang, kami akan berbagi dari kota palembang.

Berikut informasi rute perjalan yang kami lalui dari kota Palembang - Jambi - Sungai Penuh - Desa Kersik Tuo. Serta total biaya yang kami keluarkan pada saat itu.

1. Palembang - Jambi
(Rp. 60.000,-/org + Rp. 17.000,-/org)

untuk menuju kota jambi dari kota palembang, kami menggunaka jasa mobil travel IMI yang loketnya berada di Km.10 (di depan asrama haji). Biaya ongkos untuk jasa ini sebesar Rp. 60.000,-.
Pada saat itu kami berangkat pukul 10.00 WIB (tgl 21-01-2013) dan sampai di Kota Jambi sekitar pukul 16.00 WIB. Sesampainya di kota jambi kami turun di loket IMI Jambi, kemudian kami beristirahat dan makan di warungnya Pak Nawir (Rp. 17.000,-/org). Setelah istirahat beberapa jam kami langsung melanjutkan perjalan menuju Kota Sungai Penuh

2. Jambi - Sungai Penuh
(Rp. 100.000,-/org)

Sebelumnya, ketika kami baru tiba di jambi (loket IMI) kami menelpon jasa mobil travel Safa Marwah dan memesan tiket untuk keberangkatan terakhir pukul 19.00 WIB dengan ongkos Rp. 100.000,-/org dan kamipun di jemput di warungnya Pak Nawir.

Tepat waktu, kami dijemput tepat pukul 19.00 WIB, kami pun berangkat dari warung pak Nawir. tapi sebelumnya mobil menjemput penumpang yang lainnya terlebih dahulu.
Setelah melalui kurang lebih 9 jam perjalanan, kami tiba di kota sungai penuh pukul 06.00 WIB (tgl 22-01-2013) dan turun di terminal Kota Sungai Penuh.
Dari terminal tersebut kami mendapatkan mobil untuk ke Desa Kersik Tuo dengan dibantu orang-orang yang berada di terminal. Kami pun langsung melanjutkan perjalanan menuju Desa Kersik Tuo.

3. Sungai Penuh - Kersik Tuo "Kayu Aro"
(Rp. 25.000,-/org)

Setibanya di terminal Sungai Penuh pukul 06.00 WIB, kami langsung melanjutkan perjalanan pukul 07.00 WIB dengan ongkos Rp. 25.000,-/org.
Untuk menuju desa Kersik Tuo dari kota sungai Penuh dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam perjalanan.
Setiba kami di desa Kersik Tuo, kami di antar ke POS R 10 (pos lapor untuk para pendaki yang akan mendaki). Disana kami sempat beristirahat sejenak dan memasak logistik yang telah kami bawa dari palembang.
Setelah melapor kami pun langsung menuju pintu rimba yang kira-kaira kalau berjalan kaki membutuhkan waktu 1-2 Jam dari POS R 10 (disarankan naik ojek/mobil yang mengantar ke POS R 10 tadi untuk menghemat tenaga dan waktu, kisaran biaya Rp. 5.000,-/org).
Dari pintu rimba petualangan dimulai....

ooknopan

Total waktu yang ditempuh dari kota Palembang - Pos R 10 kurang lebih selama 24 jam.
Total biaya selama perjalanan kami dari kota Palembang - Pos R 10 sebesar Rp. 207.000,-/org

(* Catatan,,
  • jangan lupa untuk menanyakan/mencatat nomor telepon loket mobil, agar tidak susah ketika akan pulang.
  • kami telah membawa logistik sebelumnya dari kota Palembang, total biaya untuk logistik sebesar Rp. 350.000,-/3org.